• SMP NEGERI 2 JENAWI
  • VISI: TERWUJUDNYA LULUSAN YANG BERAKHLAQ MULIA, SANTUN, BERPRESTASI TINGGI, KOMPETITIF DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Merancang Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif

Setiap guru merancang pembelajaran dengan tujuan untuk dapat menyampaikan materi/tujuan pembelajaran dengan baik, guru berusahan menuangan strategi dan pendekatan pembelajaran guna menarik minat dan motivasi untuk mau belajar dikelas. 
namun apakah stragi pembelajaran sudah cukup efektif untuk meyainkan peserta didik belajar agar tidak cenderum monoton dan membosankan. 

1. Perancangan pembelajaran inovatif

Rancangan pembelajaran inovatif dalam hal ini dimaknai sebagai aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran terbaru di abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

guru perlu memperhatikan berbabagi unsur dalam merancang pembelajaran, oleh karenanya da beberapa aspek untuk membuat pembelajaran yang inovatif diatanaya 

  1. Unsur-unsur pembelajaran yang dimaksud, antara lain;
    TPACK (technological, pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran  
  2. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics),
  3. HOTS (Higher Order Thinking Skills),
  4. Tuntutan Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking,
    Creativity),
  5. kemampuan literasi, dan unsur-unsur lain

kelima unsur yang terintegrasi dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajarannya

2. Merancang Pembelajaran STEAM

Merancang Pembelajaran dengan STEAM  menerapkan segala kegiatan persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Langkah-langkah menyusun RPP dengan pendekatan STEAM dapat dimulai dengan menyusun

  • rumusan Tujuan Pembelajaran,
  • mengeksplorasi Materi Pembelajaran,
  • menentukan Model dan Metode Pembelajaran,
  • dan menentukan Media,
  • Alat dan Sumber Belajar,
  • Menyusun Kegiatan Pembelajaran,
  • menyusun Penilaian Pembelajaran, dan
  • menyusun Kegiatan Tindak Lanjut.

setiap langkah diintegrasian dengan pembelajaran STEAM

3. Merancang Kegiatan Belnded Learning

Belnded learning meruapkan kegiatan pembelajaran dengan memadukan antara kegaitan tatapmuka (luring) atau online (daring). dimana kegiatan daring dapat bertujuan membantu peserta didik untuk dapat menggali/lebih memahami apa yang dipalajari tanpa harus bertatap muka dengan pengajarnya, sementara kegiatan tatapmuka sebagai penguatan dari apa yang dipelajari.  

pada saat proses perancangannya menentukan durasi berapa lama kegiatan daring dan berapa lama kegiatan luring. 

banyak flatform yang digunakan untuk menunjang belnded learning  diantanya 

  • lms Moodle
  • zoometing
  • goole classroom
  • schoology
  • dan masihbanyak lagi

4. Merancang pembelajaran PjBL (Project Base Larning)

PjBL merupakan pendekatan inovatif yang mengajarkan beragam strategi untuk mencapai kesuksesan abad 21. PjBL bisa dikatagorikan;

  • proyek terstruktur (structured project),
  •  proyek sesuai topik (topic related project),
  • proyek terbuka tertutup (opeen ended project)

Pembelajaran berbasis proyek intinya meletakkan pebelajar sebagai subyek belajar yang aktif, mendorong munculnya inisiatif dan proses eksplorasi, memberikan kesempatan menerapkan apa yang dipelajari, kesempatan untuk mempresentasikan atau mengkomunikasikan dan mengevaluasi kinerjanya.

Langkah-langkah merancang pembelajaran Project Based Learning dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

  • Menelaah KI dan KD, mana yang cocok,
  • menulis Identitas,
  • Menuliskan Indikator,
  • Menuliskan Tujuan pembelajaran,
  • Menentukan Metode Pembelajaran,
  • Menuliskan Sumber Belajar,
  • Menentukan Langkah-langkah Pembelajaran dengan sintaks PjBL,
  • dan Menilai Hasil Pembelajaran

Umpan Balik 

Berbagai macam pendekatan untuk merancang pembelajaran guru senantiasa mengevaluasi diri untuk mamu bergerak untuk berinovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah merancang pembelajaran yang inovasi agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai juga memiliki karater yang baik untuk peserta didik dan tertanam dimasa yang akan datang 

Saya menjadi semangat untuk mencoba dan menerapkanya langsung di sekolah tempat sayang mengajar

Komentar

Sangat membatu sekali dalam pembelajaran apalagi saya sebagai guru..

baguss

Terimakasih atas ilmunya , terkait artikel perancangan pembelajaran.sangat bermanfaat.

Terima kasih untuk ilmunya.

Terimakasih atas kajiannya sangat membantu saya untuk mengetahui kurikulum merdeka yg sedang kami pelajari dalam mengikuti in house training disekolah penggerak

Sangat bagus isi dari tulisan/kajian di atas. Terima kasih, sangat bermanfaat untuk diri saya yang sedang mengikuti diklat PPG dalam jabatan. Jazakhillah khoir.

Komentari Tulisan Ini